Gaya Hidup Jepang Dan Prinsip Jepang Yang Wajib Anda Ketahui

Gaya Hidup Jepang Dan Prinsip Jepang Yang Wajib Anda Ketahui

Gaya Hidup Jepang Dan Prinsip Jepang Yang Wajib Anda Ketahui – Jepang dianggap sebagai salah satu negara Asia paling maju dan modern dengan gaya hidup yang unik dan modis. Hal ini tidak lepas dari prinsip hidup dan kebiasaan masyarakat Jepang yang juga sudah menjadi budaya di masyarakatnya. Tak heran jika kita memikirkan Jepang, yang kita pikirkan hanyalah keharmonisan, disiplin, kerja keras, dan dedikasi yang besar.

Gaya Hidup Jepang Dan Prinsip Jepang Yang Wajib Anda Ketahui

Gaya Hidup Jepang Dan Prinsip Jepang Yang Wajib Anda Ketahui

meirapenna – Partisipasi sosial diperlukan untuk kemajuan dan perkembangan lebih lanjut suatu negara. Dalam hal ini, gaya hidup orang Jepang tentunya mempunyai pengaruh yang besar terhadap kemajuan bangsanya. Di bawah ini adalah fakta tentang karakter yang telah menjadi bagian dari gaya hidup orang Jepang beserta prinsipnya.

Gaya hidup dan nilai-nilai masyarakat Jepang berkontribusi terhadap kemakmuran negara

1. Disiplin dan tepat waktu

Di Jepang, orang menghargai waktu dan disiplin; Bahkan, banyak warga yang menjadikannya sebagai standar hidup. Hal ini berlaku dalam segala hal, baik yang menyangkut pertanyaan profesionalisme atau aspek sehari-hari lainnya. Jarang sekali kita menjumpai orang Jepang yang terlambat, entah itu ke sekolah, kerja, atau bahkan kencan bersama teman.

Menarik untuk dicatat bahwa angkutan umum hampir selalu tiba dan berangkat tepat waktu. Salah satu perusahaan kereta api bahkan meminta maaf karena kereta berangkat terlambat 25 detik dari rencana. Seberapa luar biasa tingkat kedisiplinannya?

Jika terjadi insiden selama perjalanan Anda dan menyebabkan penundaan, operator akan mengeluarkan tanda terima yang meminta kompensasi atas keterlambatan tersebut. Surat ini dapat diserahkan tepat waktu kepada pihak manajemen agar karyawan dapat tertampung karena adanya jadwal kereta api.

2. Kerja keras

Mirip dengan Korea dan Jepang terkenal dengan kerja keras dan memberikan yang terbaik. Anda menikmati setiap tugas dan tanggung jawab yang diberikan dan akan bekerja keras untuk menyelesaikannya dengan kemampuan terbaik Anda.

Bahkan sebagian warga menjadi “pekerja keras” yang gaya hidupnya hanya sebatas bekerja terus menerus. Oleh karena itu, mereka juga akan menghabiskan waktunya untuk fokus pada pekerjaannya. Hal ini menjadikan Jepang salah satu negara Asia yang paling maju secara teknologi dan ekonomi.

Kerja keras nampaknya sudah menjadi bagian dari budaya dan prinsip kerja di perusahaan yang mana karyawan sudah terbiasa bekerja lembur. Mereka akan bekerja lebih lama dari yang seharusnya, orang yang selalu pulang tepat waktu akan mendapat ulasan buruk. Selain itu, masyarakat Jepang juga jarang berlibur atau bersantai.

Budaya kerja ini menimbulkan permasalahan baru bagi pemerintah yaitu meningkatnya angka kematian akibat terlalu banyak bekerja yang disebut dengan Koroshi. koroshi Kasus-kasus tersebut mencakup bunuh diri yang berhubungan dengan pekerjaan dan kematian akibat penyakit yang berhubungan dengan stres seperti serangan jantung. Ditemukan setidaknya 118.000 orang meninggal di tempat kerja/b. Wah, gaya hidup dan prinsip kerja orang Jepang ini berbahaya banget.

3. Setia dan sangat berkomitmen

Bahkan hingga saat ini, masyarakat Jepang masih menganut nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Mereka akan melakukan yang terbaik dan bersedia mundur jika mereka merasa gagal atau melanggar norma-norma masyarakat yang sudah ditetapkan. Prinsipnya adalah menjaga harga diri dengan melakukan hal yang benar dan siap kecewa jika melakukan kesalahan atau kegagalan.

4. Angka harapan hidup yang tinggi dan pola hidup sehat masyarakat Jepang

Jepang menjadi salah satu negara dengan angka harapan hidup tertinggi di dunia. Di Jepang, angka harapan hidup perempuan lebih dari 85 tahun, sedangkan laki-laki sekitar 78 tahun. Perbedaan terlihat jelas jika dibandingkan dengan angka harapan hidup masyarakat Indonesia yang rata-rata hanya 70 tahun.

Jika Anda berkunjung ke Jepang, bisa dipastikan jarang sekali melihat orang gemuk. Yayasan ini merupakan cara hidup masyarakat Jepang yang menjadikan kesehatan dan kebugaran sebagai gaya hidup. Anda mengonsumsi lebih sedikit nasi dengan lebih banyak lauk pauk seperti sayur dan buah.

Orang Jepang juga jarang makan gorengan, sebagian besar makanan dikukus, direbus, atau dimasak sebagian.Berbeda dengan orang Indonesia yang menyukai makanan dengan garam yang kuat, makanan Jepang sangatlah asin. Makanan ini juga menjadi bagian dari kesibukan, karena orang Jepang terbiasa berjalan kaki.

5. Yang terhormat

Orang Jepang sangat amat menjunjung tinggi etika ketika berurusan dengan orang lain. Hal ini terlihat dari perbedaan penggunaan bahasa ketika berbicara dengan teman, orang tua atau orang yang lebih dihormati.

Sudah menjadi norma sosial dan juga prinsip hidup bahwa setiap orang Jepang harus dapat memposisikan diri dan berperilaku baik dalam masyarakat. Mereka akan dengan tulus menghormati lawan bicaranya dan cenderung memiliki sikap yang sangat positif terhadap orang-orang di luar keluarga atau teman dekatnya.

Ada banyak hal yang kita tiru dari gaya hidup orang Jepang sebaiknya!
Lima hal di atas patut kita teladani dari gaya hidup orang Jepang sebagai salah satu negara maju di Asia. Manakah dari lima hal di atas yang sudah Anda masukkan ke dalam kehidupan sehari-hari untuk menjadikannya gaya hidup?

Prinsip Hidup Jepang

5 prinsip Kehidupan Jepang yang sederhana

1. Jangan memakai pakaian berlebih

Siapa yang suka ini? Apakah Anda mengoleksi pakaian? Nampaknya hampir semua wanita cantik memiliki banyak model pakaian, bahkan satu model pun bisa saja memiliki dua atau tiga item pakaian di lemarinya. Namun berbeda dengan orang Jepang yang lebih suka menyimpan beberapa item pakaian saja.

Mereka memakai pakaian sesuai dengan kebutuhannya. Jika ia merasa ada sesuatu yang jarang ia gunakan, maka pakaian tersebut disumbangkan kepada sanak saudara atau orang yang membutuhkan.

2. Mereka tidak memiliki banyak peralatan rumah tangga

Kebanyakan orang Jepang hanya memiliki sedikit peralatan rumah tangga . Mereka hanya memiliki beberapa kursi dan meja serta beberapa mangkuk, piring, dan gelas. Hal ini membuat rumah tampak lebih luas dan merapikannya menghemat waktu.

3. Menggunakan Futon saat tidur

Futon adalah kasur khas Jepang, seperti yang ada di serial Doraemon. Saat Nobita atau Doraemon tidur, mereka menggunakan futon . Futon Alas seperti kasur ini dapat dengan mudah dilipat dan disimpan di dalam lemari, membuat ruangan terlihat luas dan rapi.

4. Menabung

Kebiasaan selanjutnya yang sering dilakukan orang Jepang, sedang menabung. Sisihkan 20% dari pendapatan bulanan Anda untuk ditabung. Pisahkan dana yang ingin ditabung dan jangan tercampur dengan dana yang digunakan sehari-hari ya Cantik. Psst , orang Jepang memang suka menabung, lho .

5. Mengurangi pengeluaran

Tidak hanya menghemat atau mengurangi peralatan rumah tangga, tetapi juga mengurangi pengeluaran untuk pembelian yang tidak penting dan menjalani gaya hidup minimalis. Cobalah untuk menahan godaan diskon besar, makan apa yang Anda masak dan tetap kendalikan keuangan Anda, ya.