Tips Sederhana Belajar Bahasa Jepang

Tips Sederhana Belajar Bahasa Jepang

Tips Sederhana Belajar Bahasa Jepang – Belajar bahasa Jepang sulit dan mudah dipelajari karena tidak jauh berbeda dengan bahasa lainnya. Gramed tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips belajar bahasa Jepang yang bisa dilakukan pemula untuk belajar bahasa Jepang.

 

Tips Sederhana Belajar Bahasa Jepang

Tips Sederhana Belajar Bahasa Jepang

meirapenna – Selain itu, seiring dengan perkembangan teknologi, Grameds dapat belajar bahasa Jepang dengan mudah dengan bantuan aplikasi dan jaringan online. Berikut beberapa tips sederhana belajar bahasa Jepang untuk pemula.

TIPS BELAJAR BAHASA JEPANG

1. Kumpulkan Niat

Saat mempelajari sesuatu, niat merupakan elemen penting yang memudahkan belajar bahasa Jepang. Mengapa perlu memiliki niat yang kuat untuk belajar bahasa Jepang? Karena belajar suatu bahasa membutuhkan ketekunan dan dedikasi.

Hal ini karena mempelajari suatu bahasa memerlukan latihan, bukan sekadar menghafal kata-kata dalam bahasa tersebut. Jadi, kecuali Anda memiliki niat kuat untuk belajar bahasa Jepang hanya untuk bersenang-senang, maka akan memakan waktu lama untuk menguasai bahasa tersebut.

2. Mencari Alasan Kuat Belajar Bahasa Jepang

Jika Anda berniat belajar bahasa Jepang, carilah alasan yang bisa menjadi tujuan belajar bahasa Jepang. Terbukti, ada alasan kuat yang membuat orang belajar bahasa Jepang lebih cepat karena memiliki tujuan yang bisa dicapai.

Misalnya karena ingin bekerja atau berlibur ke Jepang, belajar di Jepang atau mencari kekasih di Jepang. Tips belajar bahasa Jepang ini bisa disesuaikan dengan keinginan hati Anda agar termotivasi untuk belajar bahasa Jepang dengan cara yang sulit.

3. Nonton Film Anime Jepang

Kalian pasti tahu anime jepang yang mempunyai banyak penggemar di Indonesia. Menonton film anime Jepang dapat membantu seseorang menjadi terbiasa dengan Jepang. Tips belajar bahasa Jepang ini bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan karena juga bersifat hiburan.

Efeknya diwujudkan secara tidak langsung dalam pengenalan kata-kata Jepang dan praktik komunikasi hafalan. Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa menonton anime Jepang dengan berbagai tema dan cerita menarik di berbagai platform online.

4. Mendengarkan Lagu Jepang

Selain menonton film anime Jepang, Anda juga bisa mendengarkan lagu Jepang untuk mempelajari kosa kata bahasa Jepang. Cara belajar ini juga bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan bisa dilakukan di waktu luang.

Anda bahkan dapat memutar lagu Jepang saat beraktivitas sehari-hari seperti memasak, membersihkan rumah, atau bahkan belajar. Cara ini terbukti ampuh untuk menyadarkan alam bawah sadar orang Jepang. Anda dapat menyesuaikannya sesuai dengan genre musik favorit Anda seperti lagu pop, rock, atau R7B. Jepang juga terkenal dengan lagu-lagunya yang bagus dan enak didengar.

5. Membiasakan mendengar ungkapan bahasa Jepang

Mempelajari suatu bahasa akan lebih efektif jika langsung dipraktikkan yaitu mendengarkan terlebih dahulu. Jadi Grameds bisa mulai belajar bahasa Jepang dengan mendengarkan banyak dialog bahasa Jepang. Hal ini memudahkan otak untuk memahami bahasa yang mungkin terdengar asing sebelumnya.

Anda bisa membiasakan diri sering mendengar bahasa Jepang dengan menonton anime Jepang dan serial TV Jepang atau mendengarkan lagu-lagu Jepang. Anda juga bisa mulai membiasakan pengucapan bahasa Jepang yang sebelumnya terdengar sulit.

6. Biasakan mengucapkan kalimat bahasa Jepang

Jika sudah terbiasa mendengarkan dialog bahasa Jepang, biasanya Anda mulai mengucapkannya. Jadi Anda juga harus membiasakannya agar bisa mengelola Jepang dengan lebih mudah. Ucapkan kalimat bahasa Jepang secara perlahan, dimulai dengan dialog sederhana seperti memperkenalkan diri dan sekadar menjawab pertanyaan seseorang. Tidak perlu takut salah atau malu jika pengucapannya masih kurang bagus, yang penting biasakan dulu. Seiring waktu, melatih frasa bahasa Jepang ini akan membuat bahasa Jepang Anda lebih mudah.

7. Menulis Kalimat Dalam Bahasa Jepang

Selanjutnya, setelah Grameds terbiasa mendengar dan mengucapkan kalimat bahasa Jepang, sekarang saatnya belajar menulisnya. Jika
Anda sudah menguasai bahasa Jepang, belajar menulis bahasa Jepang akan lebih mudah.

Anda juga dapat menambah kosakata bahasa Jepang dengan belajar menulisnya. Dengan cara ini Anda dapat mempelajari kosakata dan belajar menulis bahasa Jepang. Ada orang yang hanya belajar bahasa Jepang, tetapi tidak mengetahui bahasa Jepang tertulis, padahal dalam praktiknya memahami bahasa Jepang tertulis juga penting.

8. Carilah buku yang sesuai dengan gaya belajar Anda

Dalam mempelajari suatu bahasa, kita juga memerlukan referensi yang tepat untuk memudahkan penguasaan bahasa tersebut. Selain belajar bahasa Jepang, Anda juga memerlukan sumber daya, seperti buku tentang dasar-dasar belajar bahasa Jepang atau buku yang memberikan perspektif tentang cara memahami bahasa Jepang.

Buku-buku ini juga dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan belajar Anda, misalnya Anda lebih memilih buku sains atau cerita Jepang daripada belajar bahasa Jepang.

Anda tidak perlu khawatir mencari buku referensi untuk belajar bahasa Jepang. Gramedits dapat mengunjungi koleksi buku dan e-book Gramedia di www.gramedia.com. Anda akan menemukan banyak buku referensi yang memudahkan belajar bahasa Jepang. Kita memang harus berusaha untuk memperoleh sesuatu, salah satunya dengan membaca buku.

 

Baca juga : Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Di Masa Sekarang Ini 

 

9. Selalu Masuk dalam Rasa Ingin Tahu

Pembelajaran bahasa memang tidak bisa lepas dari rasa ingin tahu atau rasa ingin tahu. Jika Anda puas hanya dengan beberapa dialog atau kosa kata saja, kemampuan bahasa Jepang Anda tidak akan meningkat.

Tips belajar bahasa Jepang ini bisa Anda lakukan ketika menemukan kosakata asing dan belum mengetahui artinya dengan menonton anime, mendengarkan lagu, atau mendengarkan dialog penutur bahasa Jepang. Cara ini juga dapat menambah kosakata Anda.

10. Memperkuat Motivasi

Beberapa orang mungkin merasa kesulitan dalam mempelajari bahasa yang sulit karena kurangnya alasan dan motivasi yang kuat untuk menguasai bahasa Jepang. Ternyata niat dan alasan saja tidak cukup, perlu banyak motivasi juga untuk belajar bahasa Jepang. Cara ini dapat mempengaruhi alam bawah sadar untuk terus belajar bahasa meski dalam situasi sulit, seperti lelah, jenuh atau bosan dengan belajar bahasa Jepang.

 

Belajar Bahasa Jepang

 

11. Membaca artikel bahasa Jepang

Membaca berita atau artikel dalam bahasa Jepang akan membuat Anda mengenal bahasa tersebut. Selain membiasakan mendengar bahasa Jepang, Anda juga bisa mulai rajin membaca tulisan bahasa Jepang agar mudah mempelajari bahasa tersebut.

Membaca huruf Jepang memang membutuhkan waktu yang lama, namun Anda bisa melakukannya secara perlahan agar terbiasa dengan bahasa Jepang. Jadi jangan takut atau panik ketika melihat teks bahasa Jepang, pahami saja secara perlahan.

12. Mulailah belajar bahasa Jepang dari dasar

Belajar dari dasar bisa menjadi cara untuk mempelajari bahasa apapun. Anda bisa memulainya dengan kata-kata dasar yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti angka, nama benda, buah-buahan, sayuran dan dialog sederhana untuk memperkenalkan diri.

Ketika Anda menguasai kata-kata dasar bahasa Jepang, secara implisit Anda mengembangkan pemahaman tentang banyak tingkat kata yang lebih sulit. Menguasai kata-kata dasar bisa menjadi cara mudah untuk memahami bahasa Jepang.

13. Belajar Tata Bahasa Jepang

Setelah menguasai kata dasar bahasa Jepang, belajarlah mengurutkan kata sesuai tata bahasa Jepang. Cara ini merupakan perintah lanjutan dari bahasa Jepang. Setiap bahasa biasanya mempunyai tata bahasa yang berbeda-beda, yaitu tata bahasa Indonesia dan tata bahasa Inggris. Jepang juga memiliki tata bahasa yang berbeda. Untuk berbicara bahasa Jepang dengan lancar, Anda perlu memahami tata bahasa Jepang.

14. Saya mencari orang Jepang atau kita akan belajar dari mereka yang fasih berbahasa Jepang

Untuk menguasai bahasa biasanya membutuhkan orang yang sangat mahir dalam bahasa tersebut, misalnya belajar langsung dengan penutur asli bahasa Jepang. Selain belajar formal, bergaul dengan penutur asli bahasa Jepang atau orang yang fasih berbahasa Jepang dapat membiasakan seseorang mengobrol dalam bahasa Jepang atau membicarakan hal-hal yang tidak jauh dari bahasa Jepang.

15. Melatih pemikiran ala Jepang

Dalam mempelajari suatu bahasa, tidak cukup hanya dengan menghafal atau menguasai bahasa tersebut. Termasuk dalam mempelajari bahasa Jepang, kita perlu mengetahui budaya masyarakat Jepang. Mengapa Anda memerlukan pola pikir orang Jepang saat mempelajari bahasa tersebut?

Ada kaitannya dengan komunikasi, bagaimana jika berbicara langsung dengan orang Jepang. Jika Anda mengetahui cara berpikir orang Jepang, maka percakapan akan mengalir tanpa ada kesalahpahaman dalam memahami bahasa Jepang. Pemahaman terhadap cara berpikir atau budaya orang Jepang akan menaikkan level penutur aslinya.

Written by