Makanan Jepang Paling Populer di Dunia

Makanan Jepang Paling Populer di Dunia

Makanan Jepang Paling Populer di DuniaMakanan Jepang merupakan salah satu kuliner lezat yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Karena makanan Jepang rasanya enak dan cocok dengan selera orang Indonesia.

Makanan Jepang Paling Populer di DuniaMakanan Jepang Paling Populer di Dunia

meirapennaMakanan Jepang juga mudah disiapkan. Misalnya untuk menyiapkan ramen kita bisa langsung membelinya di supermarket. Jika Anda ingin membuat chicken katsu, Anda bisa dengan mudah membeli bahan-bahannya di pasaran.

Makanan Jepang juga sangat beragam. Bukan hanya ramen, sushi, atau ayam katsu. Menurut Anda makanan Jepang apa yang paling populer di Indonesia? Baca lebih lanjut di artikel ini.

Ada banyakmasakan Jepang yang populer dan populer dengan penduduk Indonesia. Berikut 20 makanan Jepang terpopuler menurut situs agen perjalanan.

1. Sushi

Sushi menduduki peringkat pertama sebagai makanan Jepang terpopuler di Indonesia. Sushi merupakan makanan berbahan dasar nasi yang dicampur dengan lauk pauk berupa makanan laut, daging, dan sayuran mentah.

Sayangnya, tidak semua orang Indonesia terbiasa mengonsumsi sushi mentah. Namun jangan khawatir, kini sudah banyak restoran Jepang yang menawarkan sushi mentah dan matang.

Sushi dibagi menjadi beberapa jenis. Namun yang paling populer adalah Norimaki dan Nigiri. Bedanya, norimaki adalah sushi yang digulung dan dibungkus dengan nori atau rumput laut kering, sedangkan nigiri adalah sushi yang berupa taburan nasi dengan seafood mentah.

2. Ramen

Selain sushi, ramen juga sangat populer di Indonesia. Hidangan mie berkuah ini memiliki rasa umami yang sungguh nikmat. Karena miso, kedelai, dan kaldu tulang babi (tonkatsu) digunakan untukramen.

Tapi jangan khawatir, saat ini sudah banyak restoran Jepang yang menjual ramen dengan bahan halal. Selain itu, harganya juga ramah di kantong.

Ramen biasanya disajikan dengan berbagai macam topping seperti potongan ayam, irisan daun bawang, rumput laut, telur setengah matang, dll. Paling enak makan ramennya selagi masih panas.

3. Takoyaki

Para penikmat makanan pasti pernah melihat makanan Jepang yang satu ini karena biasa dijual di pinggir jalan dan di pusat perbelanjaan. Takoyaki merupakan jajanan berbentuk bulat khas Jepang yang berisi daging gurita.

Bahan membuat takoyaki juga sederhana yaitu tepung terigu. Proses pembuatannya juga istimewa, yaitu menuangkan campuran tepung ke dalam cetakan khusus berbentuk cekungan setengah bola.

Setelah takoyaki selesai dimasak, ditambahkan saus tonkatsu, mayonaise dan bumbu berupa katsuobushi atau keripik ikan kayu. Namun jika tidak mempunyai saus tonkatsu, Anda bisa menggantinya dengan saus tomat.

4. Karaage

Karaage merupakan ayam goreng khas Jepang dengan rasa yang gurih dan lezat. Karaage-nya dilapisi tepung yang renyah, namun saat digigit daging ayamnya tetap terasa juicy di mulut.

Karaage sangat mudah ditemukan di Indonesia. Umumnya ayam goreng ini berada di restoran yang menjual ramen dan juga sushi. Jika tak sempat makan di restoran, detiker bisa membeli karaage dalam bentuk makanan beku.

5. Okonomiyaki

Makanan Jepang populer lainnya di Indonesia adalah Okonomiyaki. Biasanya makanan ini dijual satu paket dengan takoyaki. Namun bedanya, okonomiyaki berbentuk seperti pancake dengan rasa yang gurih.

Okonomiyaki terbuat dari campuran tepung terigu, telur ayam, parutan kubis, daun bawang, dan potongan gurita. Beberapa restoran menawarkan pilihan topping tambahan seperti daging sapi, kepiting, dan keju.

6. Gyoza

Gyoza merupakan makanan khas Jepang yang berbentuk pangsit. Namun gyoza memiliki rasa yang lebih enak dan renyah. Ada berbagai jenis gyoza, seperti isian sayuran, ayam, udang, dan bahkan daging babi.

Gyoza dapat disiapkan dengan cara dikukus, digoreng, dan dipanggang. Biar makin nikmat, kamu bisa menikmati gyoza dengan saus shoyu.

7. Udon

Selain ramen, udon adalah makanan Jepang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, berbeda dengan ramen, mie pada udon jauh lebih besar dan teksturnya kenyal.

Agar lebih nikmat, udon biasanya disantap dengan dashi dan kecap Jepang. Di Indonesia, banyak restoran yang mengubah rasa udon sehingga Anda bisa memilih beragam saus dan topping yang lezat.

8. Sashimi

Sashimi, seperti sushi, adalah makanan Jepang yang bisa dimakan mentah. Bedanya, sashimi tidak menggunakan campuran nasi dan bisa dicelupkan ke dalam kecap dan wasabi untuk menambah rasa.

9. Shabushabu

Shabushabu adalah makanan Jepang yang berisi irisan daging, tahu, jamur dan berbagai sayuran lainnya. Umumnya daging sapi digunakan untuk Shabushabu.

Baca juga : Budaya Duduk Seiza Digunakan Oleh Orang Jepang

Beberapa restoran Jepang di Indonesia menyajikan shabushabu dengan berbagai kuah kaldu, seperti miso pedas, kara miso, dan kuah dashi. Detician hanya perlu memilih salah satu dari tiga kuah kaldu yang mendidih.

10. Onigiri

Onigiri cukup mudah ditemukan di Indonesia dan biasanya banyak dijual di minimarket dan supermarket. Bagi Anda yang belum tahu, onigiri adalah bola-bola nasi yang bagian luarnya dibalut rumput laut atau nori.

Lalu isian onigirinya bermacam-macam. Ada udang, salmon atau telur ikan. Agar lebih nikmat, onigiri biasanya ditambahkan mayonaise dan daun bawang.

Makanan Jepang

11. Tempura

Selain karaage, ada juga masakan Jepang yang renyah di mulut yaitu tempura. Sekadar informasi: Tempura merupakan makanan yang terbuat dari berbagai jenis ikan, daging atau sayur-sayuran, kemudian ditaburi tepung terigu secara merata lalu digoreng dalam minyak panas.

Di Indonesia, tempura umumnya terbuat dari udang yang dicampur tepung terigu lalu digoreng hingga berwarna cokelat keemasan. Agar lebih nikmat, tempura bisa diberi saus sambal di atasnya.

12. Yakitori

Yakitori adalah masakan Jepang berupa ayam panggang. Yakitori sering disebut dengan sate ayam jepang karena ditusuk, namun dagingnya lebih besar dan tusuknya terbuat dari bambu.

Yakitori umumnya menggunakan bumbu khusus dengan campuran garam, kecap manis, dan kecap. Yang perlu diperhatikan adalah yakitori tidak perlu diasinkan dan bumbunya dioleskan saat memasak yakitori.

13. Donburi

Makanan Jepang terpopuler kedua adalah Donburi, yang dalam bahasa Jepang berarti mangkuk. Jadi donburi merupakan makanan Jepang yang disajikan dalam mangkuk dan biasanya berisi nasi panas dan berbagai lauk pauknya.

Secara umum donburi terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu oyakodon (ayam rebus, telur, dan daun bawang), gyudon (irisan daging sapi dan bawang bombay yang dimasak dengan kecap), tendon (potongan tempura) dan katsudon (dilapisi tepung roti) . dan daging babi goreng).

14. Oden

Makanan Jepang yang satu ini akhir-akhir ini sedang menjadi tren dikalangan masyarakat, khususnya anak muda. Oden adalah makanan yang melibatkan memasak berbagai bahan seperti lobak, telur, konnyaku, telur rebus, chikuwa, hanpen, satsumaage, tsumire dan chikuwabu. Selain itu, ada juga daging olahan seperti tsukune dan sosis sapi.

15. Dorayaki

Jika Anda penggemar kartun Doraemon pasti tahu makanan Jepang yang satu ini. Dorayaki merupakan makanan penutup khas Jepang berbentuk pancake yang diisi dengan kacang merah. Ada berbagai macam rasa dorayaki di Indonesia. Mulai dari coklat, keju, hingga teh hijau.

16. Sup miso

Sup miso atau sering juga disebutmiso merupakan makanan Jepang yang bahan dasarnya terdiri dari miso atau kacang kedelai yang difermentasi dan kuah dashi. Agar lebih nikmat,miso bisa ditambah dengan daun bawang, rumput laut, dan tahu.

17. Chicken Katsu

Makanan Jepang ini juga populer di Indonesia karena bahan-bahannya sangat mudah didapat. Sedikit informasi: Chicken Katsu merupakan ayam goreng renyah khas Jepang.

Agar ayam katsu lebih renyah dan empuk, juru masak bisa menggunakan paha ayam. Jadi ketika menyantap ayam katsu, Anda bisa menambahkan bumbu tonkatsu ke dalamnya agar lebih nikmat.

18. Sukiyaki

Sukiyaki adalahkhas Jepang dengan daging sapi, daun bawang, jamur shiitake, tahu dan mie atau udon. Biasanya saus sukiyaki menggunakan kecap asin dan gula untuk menciptakan rasa manis, asin, dan gurih.

19. Unagi

Unagi adalah makanan Jepang yang terbuat dari belut. Unagi memiliki rasa yang manis, gurih di mulut dan tidak mengeluarkan aroma amis.

Ingatlah bahwa Unagi tidak boleh dimakan mentah karena darahnya mengandung racun. Oleh karena itu, unagi dibuat dengan cara ditaburi saus manis lalu dimasak selama 10 menit.

20. Nikujaga

Nikujaga adalah salah satu makanan Jepang paling populer di Indonesia. Nikujaga terbuat dari kentang yang dicampur dengan bawang bombay, wortel dan potongan daging.

Makanan ini memiliki rasa yang manis karena dicampur dengan kecap, sake, mirin, dan gula. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan shoyu ke Nikujaga untuk menciptakan rasa umami.

Nah, itulah pembahasan mengenai 20 makanan Jepang terpopuler di Indonesia.

Written by