Teknologi Jepang Mempengaruhi Seluruh Dunia

Teknologi Jepang Mempengaruhi Seluruh Dunia

Teknologi Jepang Mempengaruhi Seluruh Dunia – Jepang merupakan negara yang sangat maju dalam bidang teknologi, nyatanya teknologi Jepang mempunyai pengaruh yang besar terhadap dunia.

Teknologi Jepang Mempengaruhi Seluruh Dunia

Teknologi Jepang Mempengaruhi Seluruh Dunia

meirapenna – Dan perkembangan teknologi di Jepang semakin maju dari tahun ke tahun. Jepang seolah menjadi negara yang menjadi contoh perkembangan teknologi bagi dunia.

Pengertian Teknologi Jepang

Teknologi Jepang adalah suatu alat yang menghasilkan barang dan berasal dari Jepang. Negara yang sangat terkenal dengan perkembangan teknologinya. Jepang memang menjadi pionir dalam menciptakan teknologi dan inovasi baru.

Biasanya kemunculan teknologi diawali dengan adanya kebutuhan manusia akan suatu komoditas penunjang kehidupan. Dari sinilah para ahli Jepang menemukan ide dan konsep baru untuk menciptakan teknologi tinggi. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa teknologi ternama dunia.

Jepang menjadi salah satu negara percontohan dalam perkembangan teknologi yang semakin maju. Teknologi Jepang menjadi perhatian dunia karena setelah Perang Dunia II, Jepang mampu menunjukkan dirinya bangkit dan berkembang.

Pemahaman Jepang terhadap teknologi saat ini yang semakin dikenal di dunia tentunya tidak lepas dari perjalanan sejarah. Jepang memiliki sejarah panjang tentang bagaimana teknologi telah berkembang dan mempengaruhi Jepang bahkan dunia.

Sejarah Perkembangan Teknologi Jepang

Untuk memahami perjalanan panjang teknologi Jepang, kita tidak bisa mengabaikan sejarah Perang Dunia Kedua. Ketika Jepang mengalami kekalahan telak, negara tersebut mengalami krisis dan kemudian pulih dengan Restorasi Meiji.

Dikenal juga sebagai Era Meiji, 1868-1912, merupakan pintu masuk pertama peningkatan teknologi yang mendukung industri Jepang. Hal tersebut disebutkan bahkan ketika Jepang sedang melakukan modernisasi dan negara tersebut dikenal dunia sebagai negara industri.

Krisis minyak tahun 1973 sangat berdampak pada Jepang pada saat itu. Namun Jepang bisa menghemat konsumsi energi. Dan pada tahun berikutnya, Jepang mampu menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi dan canggih untuk diekspor ke berbagai negara.

Pada tahun 1980, mata uang Jepang yaitu yen mengalami kenaikan nilai. Berkat aktivitas ekspor yang terus berlanjut, yen pun menguat di mata dunia. Alasan lainnya adalah keberhasilan teknologi yang diproduksi di Jepang. Itu sebabnya pemerintah Jepang selama ini banyak fokus pada pengembangan teknologi.

Sektor Teknologi yang Difokuskan Pemerintah Jepang

Sejak Restorasi Meiji, pemerintah Jepang fokus pada pengembangan teknologi Jepang hingga saat ini. Berbagai permasalahan yang direncanakan dan difokuskan oleh pemerintah Jepang memiliki empat bidang.

1. Nanoteknologi

Nanoteknologi adalah material yang diproduksi dan digunakan dalam teknologi dalam skala yang sangat kecil. Istilah nanoteknologi diciptakan pada tahun 1974 oleh seorang profesor Jepang, Profesor Norio Taniguchi dari Universitas Sains dan Teknologi Tokyo. Berbagai ahli nanoteknologi sudah mulai mempelajari perkembangan nanoteknologi.

Penggunaan nanoteknologi dalam pengembangan energi yaitu sel bahan bakar. Biasa ditemukan pada perangkat elektronik seperti komputer, laptop, handphone, dan lain-lain. Sel energi berkapasitas tinggi hadir dalam bentuk baterai yang sangat kecil dan berkapasitas sangat tinggi.

2. Bioteknologi

Perkembangan bioteknologi di Jepang pada tahun 1967 dr. Sifat fotokatalitik titanium dioksida ditemukan oleh Akira Fujishima dan Dr. Kenichi Honda. Pengertian fotokatalis adalah suatu zat yang menimbulkan reaksi kimia jika terkena sinar matahari.

Di Jepang, penerapan bioteknologi pada kesehatan dan lingkungan semakin berkembang, memanfaatkan perkembangan sel dan gen. Seperti prinsip fotokatalitik yang digunakan dalam produk desinfeksi lingkungan. Perkembangan tersebut berlaku pada sektor manufaktur yang saat ini ada di Jepang.

Baca juga : AI Generatif untuk Pendidikan di Jepang

3. Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi informasi di Jepang ditunjukkan dengan lahirnya antena televisi sebagai sarana penyebaran informasi yang efektif. Faktanya, perangkat berbentuk antena ini telah menjadi sangat populer dan mendunia, ini merupakan tonggak pertama dalam pengembangan satelit dan teknologi penyebaran informasi lainnya.

Pentingnya ilmu pengetahuan bagi umat manusia tentunya membuat Jepang semakin melakukan inovasi teknologi. Dengan demikian, diharapkan dapat menghasilkan produk-produk global yang dapat mendukung pengembangan ilmu pengetahuan di masa depan.

4. Teknologi Lingkungan

Kehadiran teknologi lingkungan menjadi fokus pemerintah Jepang untuk dikembangkan lebih inovatif. Pasalnya, lingkungan hidup saat ini menjadi perhatian utama dan Jepang merupakan pionir dalam bidang lingkungan hidup. Ketika minyak dunia meningkat dan Jepang mampu menghemat konsumsi energi secara keseluruhan.

Inilah cara Jepang mengembangkan teknologinya, menciptakan inovasi dan memberikan manfaat besar bagi dunia. Memahami berbagai sektor yang ada dan menjadi fokus pemerintah. Jadi ada beberapa teknik Jepang yang mempengaruhi dunia dan menjadi semakin mendunia.

Jenis-jenis teknologi Jepang yang mempengaruhi dunia

Ternyata perkembangan teknologi tidak hanya diketahui oleh Jepang, tetapi juga dunia. Beberapa kreasi teknologi Jepang ini memberikan dampak yang besar bagi dunia. Ada lima teknologi yang menjadi fenomenal di Jepang.

1. Shinkansen

Pernahkah Anda mendengar tentang kereta peluru? Pada tahun 1964, Shinkansen dibuat menyerupai kereta peluru. Kelihatannya aneh, tapi kereta berjalan sangat lancar dari Tokyo ke Osaka. Sejak saat itu, banyak perusahaan global yang menganut ide kereta berkecepatan tinggi buatan Jepang. Satu hal yang muncul setelah Shinkansen adalah kereta Maglev.

2. Walkman

Pada tahun 1979, Sony menghadirkan headphone pertama untuk para pemain melalui perusahaan besar Jepang. Bahkan penggunaan peralatan stereo di pasaran. Dikenal dengan nama Walkman, berhasil menyadarkan dunia akan pemutar musik yang begitu praktis untuk digunakan. Sudah pada tahun 2009, penjualan Walkman mencapai 220 juta unit di seluruh dunia.

Baca juga : KTT Keamanan AI Inggris

3. Antena televisi

Penemu Jepang bernama Yagi Hidetsugu dan Uda Shintaro melakukan percobaan pada tahun 1920 di Universitas Tohoku. Terakhir, antena TV mampu menangkap gelombang pendek dengan karakteristiknya yang sangat baik. Berfokus pada hal itu, antena TV masih ditemukan dan dikembangkan di seluruh dunia.

4. Pengusir Nyamuk Pyrethrum

Bakar pertama kali ditemukan di Jepang pada tahun 1890 dalam bentuk obat nyamuk bakar. Kemudian dikembangkan menjadi pengusir nyamuk piretrum oleh Ueyama Eiichiro pada tahun 1919. Hingga akhirnya Jepang menjadi produsen piretrum untuk mencegah malaria dan penyakit lain untuk membunuh nyamuk.

5. Kamera berwarna Gastrolamps

Dulu, lampu pijar digunakan dalam produksi film, namun intensitas cahayanya sangat rendah dan sangat sensitif. Maka dikembangkanlah bola lampu berwarna yang dapat bertahan lama dan disebut gastrocamera. Hingga akhirnya kami menghasilkan suatu teknik dengan gastrocamera yang tahan lama dan memiliki intensitas tinggi serta kualitas yang sangat tinggi.

Dengan adanya berbagai teknologi Jepang yang sangat mempengaruhi dunia. Dengan demikian, Jepang semakin menjadi model teknologi yang sangat maju dan berkembang sepenuhnya. Penggunaan teknologi dan inovasi baru dari tahun ke tahun menjadikan Jepang sebagai negara yang bercirikan negara teknologi.

Perjalanan perkembangan teknologi Jepang yang dimulai dengan Restorasi Meiji kemudian melahirkan penemuan-penemuan baru. Banyak teknologi Jepang yang sudah maju dan lebih modern serta kualitasnya lebih tinggi. Dunia bahkan mengadopsi ide-ide Jepang untuk lebih mengembangkan negaranya di bidang teknologi.

Written by